Friday, May 18, 2012

Footprint Komponen Generator

Ketika kita menjalankan Cadence Orcad 16.5 seringkali kita kesulitan menemukan footprint komponen tersebut pada library. Banyak user yang mengeluhkan akan hal itu, terutama mereka tidak mau buang - buang waktu untuk membuat footprint komponen secara manual satu per satu dengan detail yang dikatakan standard footprint. Untungnya perusahaan Mentor Graphics (www.mentor.com) membuat software untuk mempermudah dan mengatasi problem tersebut. Software tersebut adalah LP Wizard. Software ini mampu menggenerat footprint komponen yang kebanyakan kita inginkan, kemudian kita bisa meng-eksportnya ke software - software PCB editor (tidak hanya untuk Orcad). Namun sayangnya software ini tidak free.

Penulis akan memberikan contoh bagaimana cara menggenerate footprint komponen QFN 36 pin.

Pertama yang perlu anda siapkan adalah datasheet package komponen tersebut. Kemudian lihat pada bagian dimension komponen tersebut.

Kemudian jalankan program LP Wizard, dan pastikan pada menu Help > Installed Options anda memilih semua software; software inilah yang akan menjadi eksport tujuan dari program ini.


Langkah kedua adalah klik pada menu Calculate > SMD Calculator dan pilih Quad Flat No-Lead (QFN) dan klik ok.

Sambil melihat data pada datasheet yang diinginkan kemudian masukkan parameter - parameter pada datasheet ke masing - masing input box seperti pada contoh berikut (yaitu QFN 36 pin),


Klik ok. Kemudian klik pada tombol wizard. Anda akan melihat eksport wizard yang akan kita jalankan. Pada contoh ini penulis akan meng-eksport footprint komponen ke software Orcad PCB Editor.


Dan klik Create and Close. Jika pada komputer anda terdapat software Cadence Orcad 16.5 maka software ini akan secara otomatis akan menjalankan Orcad PCB Editor dan melakukan eksporting. Pada PCB Editor anda akan melihat hasil seperti berikut.


Anda bisa mencoba sendiri untuk berbagai macam footprint komponen. Dan selamat anda sudah bisa membuat komponen footprint hanya dalam waktu hitungan detik. Bayangkan anda bisa menghemat waktu untuk hal - hal yang lain.

Jika anda menemukan tutorial ini bermanfaat, please share with others.. Salam...

No comments:

Post a Comment