Monday, April 23, 2012

Desain Switch Mode Power Supply

Berikut adalah gambar schematic desain switch mode power supply. Rangkaian ini akan menkonversi tegangan input ke tegangan DC yang kita inginkan. Keuntungan dari rangkaian ini adalah desain yang sederhana, compact, efisien, reduce heat, dan mampu mensupply arus 3A. Rangkaian ini cocok untuk mensupply beberapa motor servo pada robot, atau mensupply beberapa rangkaian mikrokontroler.


IC LM2576 juga mempunyai beberapa seri dengan tegangan output yang fixed, dalam desainnya tidak memerlukan resistor R1 dan R2, misal LM2576 3.3 mempunyai tegangan output 3.3V.

Gunakan persamaan berikut untuk menghitung nilai resistor R1 dan R2.


Nilai Vref adalah 1.23V, sedangkan nilai R1 antara 1K dan 5K. Gunakan Schottky Diode atau fast recovery diode, pada contoh diatas penulis menggunakan Schottky Diode 1N5822.

Untuk menghitung nilai induktor kita harus menghitung nilai E x T seperti dalam persamaan berikut,


Misal kita ingin mendesain dengan Vin = 25V dan Vout = 8V. Dengan frekuensi switching sebesar adalah 52KHz (Penulis menggunakan 52KHz agar frekuensi ini tidak terdengar oleh pendengaran manusia, pendengaran manusia max berkisar 20kHz) maka,


Kemudian jika arus output yang kita inginkan adalah 2.5A maka sesuai dengan grafik dibawah kita bisa tahu kita harus menggunakan induktor type H150.


Type H150 dapat anda lihat dalam datasheet yaitu mempunyai nilai 150uH. Pastikan juga induktor yang anda pilih mampu memsupply arus output yang inginkan. Dalam rangkaian diatas penulis menggunakan induktor 150uH, dengan arus 4A untuk mengantisipasi peak arus, induktor ini buatan Murata.

Dan gunakan persamaan berikut untuk menghitung nilai kapasitor C1,


Berikut adalah gambar akhir dari rangkaian ini,


Selamat mencoba..




No comments:

Post a Comment