Monday, April 23, 2012

Bagaimana Membuat Simbol Komponen pada Schematic Menggunakan Orcad Capture


Pada tutorial ini penulis akan menunjukkan bagaimana membuat simbol komponen pada schematic. Seringkali kita ingin membuat simbol komponen dari datasheet, untuk komponen yang sederhana misal 2 pin atau 5 pin adalah mudah, tapi bagaimana jika 20, 40, atau 64 pin. Untungnya software Orcad Capture mempunyai fitur untuk mempermudah membuat simbol pada schematic. Software yang penulis gunakan adalah Cadence Orcad 16.5.

Buka Orcad Capture pada start menu. Klik File > New > Library. Pada library project files right klik dan pilih “New Part From Spreadsheet”.


Langkah ini akan membuka “New Part Creation Spreadsheet”. Sebagai contoh kita akan membuat simbol dari IC EM260 bentuk fisiknya adalah sebagai berikut.


IC ini mempunyai 40 pin, QFN package. Tetapi kita akan membuat dalam schematic seperti berikut.


Sekarang pada “New Part Creation Spreadsheet” beri nama “EM260” pada “Part Name”. Isi masing – masing kolom seperti berikut.


Untuk kolom type dapat anda lihat pada datasheet IC ini. Kolom ini menentukan apakah pin pada IC mempunyai type input, output, bidirectional, open collector, open emitter, passive, power, dan 3-state. Kenapa kita perlu untuk menentukan type input padahal kita tidak menggunakan IC ini pada simulasi? Hal ini dapat mengurangi kesalahan pada nantinya, ketika design menjadi kompleks, maka kita bisa mengaktifkan “Design Rule Check” (DRC). DRC akan memberi error misal kita menghubungkan sinyal power ke type output pin IC.

Tekan ok untuk selesai membuat IC. Anda akan melihat hasil akhirnya. Anda juga bisa melakukan edit simbol sesuai yang anda inginkan.

Untuk melakukan edit dan kembali ke spreadsheet klik kanan pada project view seperti berikut dan pilih split part.


Sekarang anda sudah bisa membuat simbol IC dengan cepat dan mudah. Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment