Thursday, April 19, 2012

Menghubungkan Orcad Capture dengan Orcad PCB Editor


Dalam tutorial ini, akan dibahas bagaimana mendesain PCB dari schematic yang kita buat. Seringkali orang  - orang mendesain PCB tanpa harus membuat schematic terlebih dahulu, mungkin untuk desain yang sederhana ini dimungkinkan tapi untuk desain yang kompleks diperlukan schematic desain terlebih dahulu untuk memudahkan dalam membaca rangkaian dan menurunkan tingkat kesalahan – kesalahan. Catatan: penulis menggunakan Cadence Orcad 16.5.

Dalam tutorial sebelumnya anda telah belajar bagaimana membuat schematic dengan menggunakan Orcad Capture. Sekarang buatlah rangkaian seperti berikut.


Part Number
Orcad Library
R1 dan R2
Analog.olb
C1
Analog.olb
J1
Connector.olb

Langkah selanjutnya adalah menentukan footprint dari masing – masing PCB. Penulis telah menyiapkan footprint komponen tersebut, anda bisa mendownload project file di link akhir tutorial.

Penulis telah membuat folder “Foorprints” dalam satu project dengan schematic project. Berikut adalah isi dari folder tersebut.


File extension .psm adalah file – file yang berisi footprint dari komponen; misal komponen resistor mempunyai footprint dengan nama “resc2013x38n.psm”. Sedangkan .pad files adalah file – file yang berisi pad atau cetakan kaki – kaki pada pcb; dalam satu .psm file bisa terdapat beberapa .pad file. Anda bisa membuka file .dra dalam footprints folder untuk melihat footprint masing – masing PCB.

Sekarang kembali ke Orcad Capture schematic, double klik pada komponen resistor R1 kemudian pada bagian “PCB Footprint” anda isi dengan “resc2013x38n” dimana nama ini adalah mengacu pada resc2013x38n.psm file dalam footprints folder.


Klik pada masing - masing komponen, lakukan seperti diatas, dan isi seperti pada tabel.

Part Number
PCB Footprint
R1 dan R2
resc2013x38n
C1
capc2013x100n
J1
hdrv4w64p254_1x4_1016x254x838p

Langkah berikutnya buka Orcad PCB Editor. Kemudian pilih Setup > User Preferences.


Pada dialog selanjutnya pilih Paths > Library pada categories. Kemudian klik tombol pada psmpath.


Kemudian isi dengan “./Footprints” seperti berikut.


Klik juga pada button padpath dan isi dengan “./Footprints” sebagai berikut.


Klik ok dan tutup Orcad PCB Editor. Kemudian kembali ke Orcad Capture, highlight cursor pada project desain seperti berikut.


Kemudian pilih Tools Menu > Create Netlist. Isi seperti berikut.


Setting diatas akan membuat PCB project dengan nama “allegro\schematic1.brd”. Setelah anda klik ok, jika anda melakukan dengan benar seperti yang penulis contohkan maka Orcad PCB Editor akan dijalankan dan anda siap untuk mendesain PCB. Untuk melihat jika terjadi error, kembali ke Orcad Capture dan lihat error pada session log (Window > Session Log).

Catatan: Jika anda telah membuat Orcad PCB Editor project file dan anda tidak mau merubah setting yang telah anda lakukan maka anda bisa membuat netlist (Tools > Create Netlist)  dan isi pada bagian Input Board File, seperti pada contoh berikut.


Sekarang pada PCB Editor jika anda berhasil melakukan tutorial diatas maka anda akan melihat komponen – komponen beserta footprintnya. Klik pada “placement edit” toolbar dan klik “place manual”.


Anda akan melihat komponen – komponen tersebut di sebelah kanan anda.


Untuk meletakkan komponen anda harus membuat outline terlebih dahulu (Setup > Outlines > Board Outline).


Selamat anda telah berhasil menghubungkan Orcad Capture schematic project dan membuat Orcad PCB Editor Project. ^_^

Jika ada pertanyaan silahkan kirim komentar.

No comments:

Post a Comment