Thursday, April 26, 2012

Firewall Gratis (Comodo Firewall)

Comodo Firewall adalah salah satu firewall yang sangat handal yang penulis pernah coba. Yang paling penulis suka adalah software ini gratis ^^. Software ini mampu memfilter koneksi internet inbound maupun outbound dan juga memfilter aplikasi yang mau mengakses system file. Sehingga software ini mampu mendeteksi virus, worm, trojan, dan hacker.


Download firewall disini

Bagaimana untuk memblokir aplikasi yang mencoba mengakses internet. Buka Comodo Firewall kemudian pilih Firewall tab dan klik "Define a new blocked application" dan anda pilih aplikasi mana yang ingin anda block internet koneksinya.

Biasanya penulis menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi aplikasi - aplikasi mana saja yang mau konek ke internet. Penulis mendefinikan aplikasi di "Network Security Policy".


Dan melakukan logging terhadap semua koneksi internet dengan klik pada "Global Rules". Kemudian pada "Global Rules" klik pada "Allow All Outgoing Request..." dan centang "Log as a firewall event..".


Sekarang anda bisa melihat semua koneksi ke internet yang terjadi, sumber dan tujuan IP address, dan port number. Untuk melihat log event klik pada "View Firewall Events".



Kemudian klik kanan pada Comodo Firewall Icon dan pilih "Custom Policy".


Dengan begitu semua aplikasi yang tidak terdefinisi dalam "Application Rules" akan di block oleh Comodo Firewall dan menanyakan apakah aplikasi ini boleh melakukan koneksi apa tidak. Sebagai contoh misal dalam "Application Rules" anda tidak memasukkan aplikasi Firefox.exe, sehingga ketika Firefox.exe anda jalankan akan muncul konfirmasi apakah anda mengijinkan apa tidak.


Jika aplikasi ini menurut anda aman maka anda bisa klik "Allow". Dengan metode ini anda juga bisa memblok aplikasi - aplikasi bajakan yang anda simpan. Anda harus hati - hati karena aplikasi - aplikasi bajakan ketika anda jalankan dia akan mengirim informasi mengenai komputer anda, perusahaan anda, IP address anda, sehingga perusahaan pembuat aplikasi ini akan mengetahui kalau aplikasi ini bajakan. Banyak kasus perusahaan kecil yang tutup karna klaim bahwa mereka menggunakan software bajakan. Penulis telah membuktikannya dengan menjalankan software bajakan dan anda bisa melihat dalam log kalau software tersebut melakukan koneksi keluar pada port tertentu. Anda bisa melakukan check siapa pemilik destination IP ini dengan google "Who is ip address" dan copy destination IP.

Salam ^^

No comments:

Post a Comment